Sabtu, 16 Maret 2013

AKAROA

BEAUTIFULL AND PEACEFULL BANK PENINSULA

ini adalah hari terakhir kami di South Islands New Zealand, setelah beberapa hari kami puas dan senang mengelilingi wilayah bawah dari South Islands akhirnya kami kembali ke Christchurch untuk persiapan esok pagi-pagi sekali kami akan terbang ke Singapore.

Setelah membereskan koper, kami masih punya satu harian yang akan kami perggunakan untuk menggunjungi satu lokasi wisata yang masuk dalam wilayah Christhurch yaitu Akaroa.

Akaroa adalah suatu semenanjung yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasific, dahulunya penduduk di Akaroa didominasi oleh penduduk berwarga negara francis, karena pada tahun 1838 Captains LongLois seorang kapten kapal pencari ikan asal Francis menemukan semenanjung Akaroa, dan merasa wilayah sangatlah cocok untuk usaha perlayaran dan perikanan. Dan sang kapten kembali ke Francis untuk mengajak lebih banyak lagi orang-orang dari Francis dan German untuk tinggal di Akaroa.

Perjalanan Ke Akaroa ini juga tidak kalah menariknya seperti perjalanan menuju Queenstown atau Milford Sound, pemandangan yang masih di dominasi dengan penggunungan dan padang rumput tetap membuat kita terkagum-kagum, perjalanan cenderung mendaki dan berkelok-kelok, dan tidak jarang perjalanan kami ini harus menembus kabut.

Photo by Entin
perjalanan masih diselimuti kabut...

Jarak Chrischurch - Akaroa adalah... KM, perjalanan menanjak dan berkelok-kelok, jadi kurang lebih 1 jam kita akan tiba di lokasi, setibanya dilokasi kotanya relatif kecil dan sangat-sangat tenang, kita bisa menyusuri pinggir pantai dan berduduk-duduk berjam-jam di depan semanjung yang indah sekali.

THE BEST FISH AND CHIPS

Akaroa terkenal juga dengan makanan Fish And Chipsnya, kebetulan saya berkesempatan untuk makan siang dengan menu yang mantap ini, restoran tempat saya makan, adalah salah satu restoran yang paling terkenal dan banyak peminatnya, .... pasti antrinya lama berarti harus sabar. Restoran ini juga baru berdiri kembali karena sebelumnya restoran ini mengalami kebakaran.. yach fasilitasnya masih sederhana.

menikmati Fish and Chip...yummy
Cara penyajian disini terbilang unik, karena tidak menggunakan piring, tapi langsung dibungkus kertas, seperti membungkus kado. Harganya from NZ $15, dengan ukuran porsi yang relatif besar untuk orang Indonesia jadi bisa 1 untuk 2 orang, tapi kalau mau puas ya lebih enak kalau 1 orang 1 dan menu yang berbeda, misalnya Kerang, Cumi dll.

FOTO-FOTO DI AKAROA

Siap-siap menjelajahi semenanjung ... bisa dimungkinkan bertemu Dolpin dan Ikan Paus

dombanya tau loch kalo mau di foto... mereka akan menyingkir...

waaaooow... jalanan ini menanjak  loch... dengan bersepeda wah pegel pegel dech

Kantor Operator Black Cat :  cruise, jetboat, kayak, dan berenang bersama dolpin

dahsyaaaat  banget rasa gelato Rasberry .....

Banks Peninsulla Akaroa dari atas bukit

Jarak jauh Akaroa

BACK TO :  JAILHOUSE

NEXT TO :  DAY 1

Jumat, 15 Maret 2013

JAILHOUSE HOSTEL

Nginep dipenjara...Why Not?

Tidur di penjara, merupakan salah satu rencana dalam perjalanan kami ke New Zealand, setelah melihat beberapa bloggers traveller nampaknya mereka cukup fun untuk bermalam di penjara, dan  menurut kami, adalah suatu yang unik yang dapat dilakukan dan menghilangkan rasa penasaran bagaimana rasanya kalau  tidur dipenjara.. tapi dalam kehidupan nyata..iiiihhh. saya mah nga mau banget dech.

Di Christchurch ada satu wilayah suburbn Addington, disinilah lokasi suatu penginapan yang bangunan aslinya berasal dari bangunan penjara jaman dahulu yang sudah tidak dipergunakan lagi pada tahun 1999 dan pada tahun 2006 direnovasi lalu disulap menjadi suatu penginapan yang bernama Jailhouse Accomodation.

Jailhouse sendiri sudah cukup terkenal dan banyak meraih penghargaan best hotel untuk kalangan hotel backpacker. Untuk menginap disini saya sarankan untuk booking terlebih dahulu karena selalu penuh. untuk harga penginapan bisa  sedikit rada mahal untuk katagori backpacker dan lokasi yang tidak berada di pusat kota. tapi saya cukup merekomendasi jika ingin mencoba suatu yang baru dan unik.

Lokasi penginapan jauh dari pusat kota, tetapi sekelilingnya banyak restoran dan cafe, seperti Burger King dll. Yang paling menyenangkan saya adalah tidak jauh dari penginapan ada restoran Halal.

Kamar yang disediakan semuanya berasal dari bekas sel penjara, jadi kamar sempit-sempit, ada beberapa yang besar tapi jumlahnya sedikit. walau bekas sel penjara jangan dibayangkan kotor  dan kumuh, ruang kamar dan seluruh ruangan di penginapan ini sangatlah bersih.

wah kalo lihat dapurnya ..hmmm rapih, bersih dan luas selain itu perabotannya komplit, jadi kalau kita membeli makanan dan akan menyimpannya maka  akan disediakan box sesuai nomor kamar dan apabila akan dimasukkan kedalam kulkas harus ditulis nama/nomor kamar serta  tgl check out. Bagi yang suka memasak sendiri pasti akan seneng banget,dimana kita akan memasak beramai-ramai dengan penghuni kamar lain dari berbagai belahan negara. saya menyempatkan bikin indomie (masakan standar), sandwich, wah bener-bener menyenangkan. Ada meja makan besar yang biasa digunakan untuk makan bersama dan bertaplak meja motif penjara yaitu hitam putih.

Untuk kamar mandinya bersifat Shared backpackers fasilities/bersama-sama. Jangan dibayangkan kamar mandi bersama itu jorok dan kotor, Kamar mandinya bersih dan fasilitas kamar mandinya lengkap ada wastafel, tisue, pengering tangan, shower air panas dan dingin.untuk kamar mandi wanita berada di lantai atas.

kami menginap di sini 2 malam dan kami memilih tempat tidur yang Twin Bunk  atau tempat tidur tingkat, wah unik banget dech. setiap kamar tidak ada AC atau Heater. Bisa dibayangkan pada kami kesana mau masuk musim dingin, tidak ada AC aja kedinginan dan nga ada Heater....saya mengigil kedinginan. saya sedikit nga bisa memejamkan mata juga sich karena  betapa sempitnya ruangan ini, dan membayangkan kondisi penjara sunguhan yang lebih kotor.

bagi saya jailhouse cukup menyenangkan, nyaman dan unik. jangan lupa sempatkan diri photo ala narapidana.. dengan menggunakan baju narapidana putih hitam... seru khan.

Prisoner

2 BURONAN INI....MALAH ASIK FOTO-FOTO

BACK TO :  MILFORD SOUND

NEXT TO :  AKAROA

Rabu, 13 Maret 2013

MILFORD SOUND

Marvel at the dramatic landscapes

Hari ke 3 setelah bermalam di Queenstown maka itinerary hari ini ada kami menuju suatu tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau ke South Island yaitu Milford Sound. Sebenarnya ada dua lokasi Sound yaitu Doubful Sound yang sama-sama masuk dalam wilayan Fiordland. Namun yang lebih terkenal dan banyak di kunjungi wisatawan adalah Milford Sound, jadi belum lengkap ke South Island kalau tidak ke Milford Sound

Milford Sound  adalah salah satu lembah gunung yang disebabkan akibat mencairnya glacier ribuan tahun yang lalu. jadi mirip danau yang dikelilling lembah pengunungan yang agung yang akhirnya tersambung ke samudra yang luas.

Nampaknya butuh persiapan dan perhitungan yang masak-masak jika mengunjungi Milford Sound ini, karena lokasi yang relatif jauh jadi membutuhkan waktu yang lebih awal apabila menuju kesana.  Perjalanan dari Queenstown - Milford Sound berjarak 307 KM dengan waktu tempuh di perkirakan 5 jam dengan mobil. Disarankan untuk kesana lebih baik membawa mobil sendiri dari pada ikut paket Tour menggunakan bus atau mobil travel. Jika kita menyetir sendiri dijamin  "The Best Moment Drive That You Have".

Kami berangkat subuh dari Queenstown langit masih sangat gelap dan kegiatan bisa dibilang tidak ada alias sepi. Alasan kami berangkat pagi dikarenakan kami berencana  naik Cruisse mengelilingi perairan Milford Sound yang jadwal pertama. karena kalau kesiangan akan ramai oleh rombongan tour. jadi telah kami perkirakan untuk sampai dilokasi pada pukul 9 atau 10 pagi.

perjalanan yang berkelok kelok dan menanjak diantara pengunungan
Bisa terbayangkan 5 jam perjalanan pasti cukup melelahkan, tapi begitu pagi dan matahari mulai terbit rasa itu hilang terganti dengan melihat pemandangan di pagi hari yang begitu menakjubkan.  Begitu langit mulai terang maka pemandangan hamparan rumput berisikan biri-biri dan sapi tersebar dimana-mana.  Walaupun sekeliling hanya ada pemandangan biri-biri dan sapi tetap menarik karena disekelilingnya terdapat gunung-gunung yang berlapis salju menjulang tinggi.

semakin mendekati ke milford sound jalan cenderung berkelok-kelok dan menanjak, dan kita akan melalui sebuah terowongan Homer Tunnel yang berjarak 1,2 km, nah sebelum masuk ke terowongan ini kita harus mematuhi aturan karena jalan didalam terowongan ini hanya satu arah jadi musti bergantian, pastikan anda memerhatikan lampu merah atau hijau yang ada di depan terowongan, jika tanda merah maka anda wajib berhenti menunggu sekitar 10-15 menit, nah ini anda bisa memanfaatkan untuk meregangkan kaki bagi yang menyetir, dan melihat sekelilingnya biasanya terdapat burung Kea or New Zealand Kaka (sejenis burung kakak tua)  yang hingap dimobil untuk memakan karet-karet pintu mobil, sayang sekali kami tidak sempat ambil photo, karena keburu lampu hijau.

Kami akan singgah sebentar di kota Te Anau untuk mengisi bahan bakar, jadi dipastikan bahan bakar mobil kita cukup atau penuh dari Queenstown  atau menyempatkan diri singgah membeli bahan bakar di kota Te Anau, karena sepanjang Te Anau - Milford Sound tidak ada pompa bensin lagi. Perjalanan Queestown - Te Anau  memakan waktu 3 jam dan Te Anau - Milford Sound masih butuh 2 jam. jadi pastikan kembali bensin cukup untuk pergi dan pulang ke kota Te Anau.

Tiba Te Anau pada pukul 6 pagi kami berhenti di pom bensin pertama yang kami temukan, isi bensin dilakukan oleh kita sendiri loch, ternyata di pom bensin ini juga dijual tiket untuk naik cruise, jadi kami langsung aja beli disana. Kami naik Southern Discoveries Milford Sound Cruises dengan harga tiket  NZ $70 per orang. Tapi untuk naik cruises ini banyak juga operatornya seperti Realjourneys dan JucyCruize. nah kalau mau murah bisa ikut Jucy Cruises hanya saja durasi perjalanan di bawah 1 jam, tapi saya rasa itu sudah cukup yach.

perjalanan pertama naik cruises biasanya jam 9 pagi dan belum terlalu ramai, untuk jam ramai biasanya di atas jam 11, karena banyak bus tur dari Queestown dan Dunedin mulai berdatangan jadi mungkin kurang bisa menikmati yach kalau ramai. Atau bisa ambil jam sore sekalian merasakan matahari terbenam, hanya saja anda akan pulang malam hari dan mulai gelap untuk menuju Te Anau.

Kami sampai juga di Milford Sound Harbour,  kami langsung menunggu untuk naik ke cruise, kami menunggu di ruang tunggu karena udara diluar masih sangat dingin. Scenery di pagi ini sebagian pegunungan masih dilapisi kabut jadi belum memiliki keindahan tersendiri, dimana secara perlahan kabut menghilang maka akan terlihat jelas view dari sekeliling kita yang begitu menakjubkan. Salah satu yang terkenal adalah Mitre Peak suatu icon pegunungan di milford sound yang berbentuk Mitre (topi tinggi uskup)

Mitre Peak ... puas hatiku ketika  berhasil mengambil gambar ini...

Cruise bergerak perlahan menuju hulu pertemuan dengan Tasman Sea, tak henti-henti kami berputar-putar di area cruise untuk mengambil gambar yang setiap sisinya benar-benar memukau, kita juga akan diajak melintasi dua titik air terjun Lady Bowen Fall and Stirling Falls dan habitat anjing laut.

akhirnya cruise menepi mengakhiri perjalanan mengelilingi Milford Sound. kami langsung kembali ke parkiran untuk bergerak menuju kota Te Anau. Pulang menuju Te Anau relatif santai dan kembali menikmati perjalanan, tak jarang kami berhenti di tempat-tempat yang unik sambil istirahat, dan bisa mampir ke Mirror Lake, atau duduk-duduk di tepi sungai Arthur Milford Sound .

setelah menempuh perjalanan selama 2 jam akhirnya menjelang sore kami tiba di Te Anau, dan kami memutuskan untuk bermalam di kota ini.

Te Anau

Kota Te Anau adalah kota yang pasti di lewati apabila kita akan menuju Milford Sound, kotanya sangat kecil dan sepi dan berada di tepi  Lake Te Anau yang airnya sangat tenang. Sekeliling dan pinggiran danau umumnya merupakan lokasi penginapan, cafe-cafe  dan toko-toko Souvenir.

Kami tiba di Te Anau hari sudah menjelang sore dan berhubung kami belum makan siang, akhirnya kami memutuskan untuk menikmati Fish and Chip yang dijual oleh mobil keliling yang berada di pinggir danau. kami menikmati makan siang sambil duduk-duduk di pinggir danau di temani oleh burung-burung yang menunggu pembagian makanan dari kami.

Foto-Foto Milford Sound dan Te Anau

BACK TO :  MILFORD SOUND

NEXT TO :  JAILHOUSE

Selasa, 12 Maret 2013

JETRIVERBOAT_GlENORCHY

Exhilarating and spectacular journey deep into the heart.

Naik JetBoat Safari.... bener-bener aktivitas yang sangat menyenangkan .... Luar biasa

Memang banyak acara yang tidak kami rencanakan atau lebih cenderung bersifat spontan, sehingga tak jarang saya dan Mr.Tj (suami saya) sering berdebat, salah satunya adalah kegiatan apa yang akan kita lakukan di Queenstown, walaupun banyak banget aktivitas yang dapat dilakukan seperti: naik Gondola, Luge, Kayak, Bungyjumping atau hanya sekedarr jalan-jalan saja. Tapi saya belom puas kalo tidak melakukan aktivitas yang menjadi kenangan perjalanan kami ini.

spin ....spin... more ...more
Untuk aktivitas Gondola dan  Luge sudah pernah kami lakukan, sedangkan untuk ikut Bungyjumping sudah pasti saya takutnya setengah mati dech... jadi tinggal aktivitas jet boat dan kayak yang belom pernah.

setelah lihat brosur yang ada hotel, saya langsung jatuh hati dengan kegiatan ini, karena dengan jetboat atau fun kayak kita akan diajak menyusuri sungai dan untuk fun kayak kita akan diajak ke gua-gua sambil mendayung kayak sendiri.... wah bener-bener keren.

Funkayak sedang menepi ketika Jetboat kami lewat....
keberuntungan memang selalu ada, ketika keinginan untuk ikut aktivitas jetboat, kami nga tau kemana harus ikutnya. akhirnya kami mengurungkan niat beralih jalan-jalan menyusuri Queenstown-Glonerchy. setibanya di Glenorchy yang kami lihat adalah suatu tempat kecil yang sepi, dan kami bermaksud memutar balik mobil dan jalan balik ke Queestown, nga taunya tempat kita muter adalah kantor salah satu penyelenggara jetboat dan funkayak DARTRIVER JET SAFARIS wah jadi semangat lagi. kami langsung ke customer service untuk menanyakan jadwal aktivitas, ternyata berhubung sudah mendekati sore maka aktivitas yang ada adalah Jetboat Safari.  sedangkan Funkayak harus pagi-pagi dan siang pun sudah ada yang booking. sebenernya saya pengennya Funkayak ...

Akhirnya sepakat dan spontan kami langsung mendaftar, jujur nga lihat harganya lagi hahahahha....setelah daftar dan bayar pakai kartu kredit...wooow ternyata mahal bener Price $219 NZ ...tapi nga apa dech kesempatan tidak datang dua kali, ini moment dan pengalaman baru yang berharga bagi kami.

Ternyata dalam rombongan ini umumnya sudah memesan jauh-jauh hari melalui internet, wah mereka memang lebih siap, nga seperti saya yach bonek...

Dengan waktu 1 jam lebih kita akan merasakan jet boat yang liar dengan getaran dan kecepatan yang tinggi menembus dan membelah jernihnya sungai Dart dan masuk ke suatu kawasan heritage dunia Te Waipounamu atau hutan Paradise..... hmmm spectacular journey.

sebelum naik jetboat kita naik mobil menuju hutan Paradise, sepanjang perjalanan tentu saja kembali disuguhkan oleh padang rumput luas dikelilingi pegunungan-pengunungan, melewati sungai-sungai dangkal berisikan air yang bening dan biru. Kita juga menjumpai peternakan domda dan sapi...oh yach kita juga lihat perternakan Black Angus, sapi hitam legam yang besar menyerupai banteng..... melewati sebuah rumah klasik berwarna hijau Josephin House ditengah padang rumput.

Didalam hutan Paradise kita melakukan safari mengeliling pohon-pohon besar yang dijaga ke lestariannya sehingga ada satu pohon yang rongga akarnya bisa masuk 5 orang dewasa (kebayangkan besarnya akar pohonnya).
Paradise juga dipergunakan sebagai salah satu lokasi syuting film Lord of the rings

Setelah mengelilingi hutan kami siap-siap menuju tepi sungai Dart untuk naik jetboat.

sebelum melakukan perjalanan dengan jetboat kita bakalan di breafing untuk hal-hal yang menjamin keselamatan kita selama naik jetboat seperti tidak boleh lepas tangan, berdiri, mengeluarkan anggota badan melewati batas boat karena jetboat akan bergerak dengan kecepatan tinggi.

Hal yang paling menyenangkan adalah ketika jetboat akan berputar 360 derajat waaaaah bener bener seru dan pasti ketagihan ... jadi semua awak boat akan teriak "more... more do this again" karena kita berputar dengan kecepatan tinggi sehingga air danau akan membasahi jet boat. tapi jangan khawatir hanya basah dikit kok... karena semua awak pasti menggunakan baju anti air dan pelampung.

jetboat akan menyusuri sungai Dartselama 1 jam setengah, walaupun dengan kecepatan tinggi tetap aja kita akan takjub dengan pemandangan disekelilingnya. Gunung kalau didekati kan terlihat jelek, tapi disini dijamin tetap bagus karena pohon-pohon yang tumbuh tinggi-tinggi dan rindang.

FOTO-FOTO DARTRIVER  JET SAFARI

menyusuri Paradise ... backdrops from the Lord of The Rings

bangkunya Orge.. ternyata Hobbitnya adalah ukuran manusia biasa..hanya saja properti sekelilingnya dibuat besar.

pengarahan sebelum ....menerjang jernihnya sungai Dart

jernihnya air... pure water...jadi bisa langsung minum