Rabu, 13 Maret 2013

MILFORD SOUND

Marvel at the dramatic landscapes

Hari ke 3 setelah bermalam di Queenstown maka itinerary hari ini ada kami menuju suatu tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau ke South Island yaitu Milford Sound. Sebenarnya ada dua lokasi Sound yaitu Doubful Sound yang sama-sama masuk dalam wilayan Fiordland. Namun yang lebih terkenal dan banyak di kunjungi wisatawan adalah Milford Sound, jadi belum lengkap ke South Island kalau tidak ke Milford Sound

Milford Sound  adalah salah satu lembah gunung yang disebabkan akibat mencairnya glacier ribuan tahun yang lalu. jadi mirip danau yang dikelilling lembah pengunungan yang agung yang akhirnya tersambung ke samudra yang luas.

Nampaknya butuh persiapan dan perhitungan yang masak-masak jika mengunjungi Milford Sound ini, karena lokasi yang relatif jauh jadi membutuhkan waktu yang lebih awal apabila menuju kesana.  Perjalanan dari Queenstown - Milford Sound berjarak 307 KM dengan waktu tempuh di perkirakan 5 jam dengan mobil. Disarankan untuk kesana lebih baik membawa mobil sendiri dari pada ikut paket Tour menggunakan bus atau mobil travel. Jika kita menyetir sendiri dijamin  "The Best Moment Drive That You Have".

Kami berangkat subuh dari Queenstown langit masih sangat gelap dan kegiatan bisa dibilang tidak ada alias sepi. Alasan kami berangkat pagi dikarenakan kami berencana  naik Cruisse mengelilingi perairan Milford Sound yang jadwal pertama. karena kalau kesiangan akan ramai oleh rombongan tour. jadi telah kami perkirakan untuk sampai dilokasi pada pukul 9 atau 10 pagi.

perjalanan yang berkelok kelok dan menanjak diantara pengunungan
Bisa terbayangkan 5 jam perjalanan pasti cukup melelahkan, tapi begitu pagi dan matahari mulai terbit rasa itu hilang terganti dengan melihat pemandangan di pagi hari yang begitu menakjubkan.  Begitu langit mulai terang maka pemandangan hamparan rumput berisikan biri-biri dan sapi tersebar dimana-mana.  Walaupun sekeliling hanya ada pemandangan biri-biri dan sapi tetap menarik karena disekelilingnya terdapat gunung-gunung yang berlapis salju menjulang tinggi.

semakin mendekati ke milford sound jalan cenderung berkelok-kelok dan menanjak, dan kita akan melalui sebuah terowongan Homer Tunnel yang berjarak 1,2 km, nah sebelum masuk ke terowongan ini kita harus mematuhi aturan karena jalan didalam terowongan ini hanya satu arah jadi musti bergantian, pastikan anda memerhatikan lampu merah atau hijau yang ada di depan terowongan, jika tanda merah maka anda wajib berhenti menunggu sekitar 10-15 menit, nah ini anda bisa memanfaatkan untuk meregangkan kaki bagi yang menyetir, dan melihat sekelilingnya biasanya terdapat burung Kea or New Zealand Kaka (sejenis burung kakak tua)  yang hingap dimobil untuk memakan karet-karet pintu mobil, sayang sekali kami tidak sempat ambil photo, karena keburu lampu hijau.

Kami akan singgah sebentar di kota Te Anau untuk mengisi bahan bakar, jadi dipastikan bahan bakar mobil kita cukup atau penuh dari Queenstown  atau menyempatkan diri singgah membeli bahan bakar di kota Te Anau, karena sepanjang Te Anau - Milford Sound tidak ada pompa bensin lagi. Perjalanan Queestown - Te Anau  memakan waktu 3 jam dan Te Anau - Milford Sound masih butuh 2 jam. jadi pastikan kembali bensin cukup untuk pergi dan pulang ke kota Te Anau.

Tiba Te Anau pada pukul 6 pagi kami berhenti di pom bensin pertama yang kami temukan, isi bensin dilakukan oleh kita sendiri loch, ternyata di pom bensin ini juga dijual tiket untuk naik cruise, jadi kami langsung aja beli disana. Kami naik Southern Discoveries Milford Sound Cruises dengan harga tiket  NZ $70 per orang. Tapi untuk naik cruises ini banyak juga operatornya seperti Realjourneys dan JucyCruize. nah kalau mau murah bisa ikut Jucy Cruises hanya saja durasi perjalanan di bawah 1 jam, tapi saya rasa itu sudah cukup yach.

perjalanan pertama naik cruises biasanya jam 9 pagi dan belum terlalu ramai, untuk jam ramai biasanya di atas jam 11, karena banyak bus tur dari Queestown dan Dunedin mulai berdatangan jadi mungkin kurang bisa menikmati yach kalau ramai. Atau bisa ambil jam sore sekalian merasakan matahari terbenam, hanya saja anda akan pulang malam hari dan mulai gelap untuk menuju Te Anau.

Kami sampai juga di Milford Sound Harbour,  kami langsung menunggu untuk naik ke cruise, kami menunggu di ruang tunggu karena udara diluar masih sangat dingin. Scenery di pagi ini sebagian pegunungan masih dilapisi kabut jadi belum memiliki keindahan tersendiri, dimana secara perlahan kabut menghilang maka akan terlihat jelas view dari sekeliling kita yang begitu menakjubkan. Salah satu yang terkenal adalah Mitre Peak suatu icon pegunungan di milford sound yang berbentuk Mitre (topi tinggi uskup)

Mitre Peak ... puas hatiku ketika  berhasil mengambil gambar ini...

Cruise bergerak perlahan menuju hulu pertemuan dengan Tasman Sea, tak henti-henti kami berputar-putar di area cruise untuk mengambil gambar yang setiap sisinya benar-benar memukau, kita juga akan diajak melintasi dua titik air terjun Lady Bowen Fall and Stirling Falls dan habitat anjing laut.

akhirnya cruise menepi mengakhiri perjalanan mengelilingi Milford Sound. kami langsung kembali ke parkiran untuk bergerak menuju kota Te Anau. Pulang menuju Te Anau relatif santai dan kembali menikmati perjalanan, tak jarang kami berhenti di tempat-tempat yang unik sambil istirahat, dan bisa mampir ke Mirror Lake, atau duduk-duduk di tepi sungai Arthur Milford Sound .

setelah menempuh perjalanan selama 2 jam akhirnya menjelang sore kami tiba di Te Anau, dan kami memutuskan untuk bermalam di kota ini.

Te Anau

Kota Te Anau adalah kota yang pasti di lewati apabila kita akan menuju Milford Sound, kotanya sangat kecil dan sepi dan berada di tepi  Lake Te Anau yang airnya sangat tenang. Sekeliling dan pinggiran danau umumnya merupakan lokasi penginapan, cafe-cafe  dan toko-toko Souvenir.

Kami tiba di Te Anau hari sudah menjelang sore dan berhubung kami belum makan siang, akhirnya kami memutuskan untuk menikmati Fish and Chip yang dijual oleh mobil keliling yang berada di pinggir danau. kami menikmati makan siang sambil duduk-duduk di pinggir danau di temani oleh burung-burung yang menunggu pembagian makanan dari kami.