Minggu, 10 Maret 2013

CHRISTCHURCH DAY 1

Hari pertama kedatangan kami di Christchurch bener-bener belum kami nikmati, karena kami tiba di sini sudah menjelang malam. Pesawat kami mendarat di bandara pada pukul 5 sore, setelah mengambil bagasi kami pun ke parkiran dimana kami akan dijemput oleh petugas rental mobil yang akan kami sewa. waah deg-degan juga nich bakalan dapat mobil apa yach. karena kami memilih To Days Deal pada saat  rental mobil.

Setelah dapat kendaraan kami langsung menuju hotel yang sudah kami booking sebelumnya yaitu YMCA Hostel. Kami sudah booking karena kami sudah memperkirakan bahwa kami akan tiba cukup sore, jadi cukup resiko kalo Go Show untuk mencari penginapan.

CHRISTCHURCH

Christchurch adalah kota kedua terbesar sebagai pintu masuk ke New Zealand dan gerbang masuk wilayah South Islands, di batasi dengan pengunungan dan Samudra Pasific, serta masuk kedalam wilayah Canterbury (kayak propinsi gitu dech).

Setibanya kami disini kami pikir kami memasuki kota mati, karena sepi banget ternyata selain itu hari minggu, ternyata aktivitas pertokoan dan perkantoran di sini hanya sampai jam 5 sore. Ya tidak heran relatif sepi, tapi sepinya kota ini juga disebabkan banyaknya bangunan yang rusak/hancur karena gempa yang pernah terjadi di kota ini.

Jalan-jalan masih dalam kondisi retak dan jembatan dalam perbaikan akibat gempa

Christchurch pernah mengalami musibah gempa yang cukup dahsyat dengan kekuatan 6,3 skala richter pada tanggal 22 February 2011, gempa bumi tersebut menimbulkan kerusakan cukup besar khususnya di Chrischurch. sehingga pada saat kunjungan masih banyak pusat pertokoaan atau rumah yang masih hancur, atau sudah tidak penghuni. Jadi kalo anda pake Google Map direction pasti sudah tidak Valid lagi untuk mencari lokasi misalnya MC donald, Burger King, karena umumnya sudah pindah lokasi. Pusat keramaian seperti mall bisa dibilang tidak ada, tapi ada satu tempat Factory Outlet yang unik, dimana bangunan toko yang dipergunakan berupa kotak shipping  Container bekas yang di rubah wujud dijadikan galery toko baju atau aksesori dan cinderamata, dan cafe-cafe untuk santai-santai...

untuk penginapan di Christchurch ini kebetukan lokasi penginapan kami ternyata berada didepan Christchurch Botanic Garden dan Museum Canterbury. kami hanya sebentar mengambil gambar dan berjalan-jalan di taman yang cukup indah dan terawat dengan rapih. sebelum gempa, di Christchurch ada aktivitas wisata seperti naik tram dan perahu gondala di Avon river.

Akhirnya kami pun mengeliling kota yang cukup sepi ini menuju supermarket, karena kami sudah menyusun itenarary bermaksud besok pagi-pagi sekali kami akan memulai petualangan dan mengelilingi South Island, jadi kami belanja untuk stock makanan selama perjalanan. Supermarket yang kami kunjungi adalah Savepack cukup lengkap, kami hanya membeli roti tawar, nutella, pisang dan jeruk.

ada indomie juga  loch di supermarketnya...